LAPORAN KEGIATAN WORKSHOP

BAB I

PENDAHULUAN

A.           LATAR BELAKANG

Pendidikan bermutu identik dengan pembelajaran bermutu, yaitu pembelajaran yang mampu memberikan ruang sekaligus dorongan kepada peserta didik untuk berekspresi dan mengapresiasikan kebutuhan belajar sesuai bakat, minat selaras usia pertumbuhan-perkembangan serta kondisi lingkungan hidup peserta didik (geografis, demografi, kultur, sosial-ekonomi ) sebagai bekal kehidupan pada jamannya kelak.

Ideasi proses pendidikan pembelajaran tersebut membutuhkan sosok guru yang profesional dan sejahtera.Rujukan berpikirnya adalah guru menempati posisi strategis yang tidak tergantikan walaupun perkembangan media pembelajaran maju demikian pesat. Kerenanya, guru harus 1) memenuhi standar kualifikasi pendidikan, 2) menguasai kompetensi profesi keguruan, 3) memiliki komitmen yang tinggi terhadap profesi yang diimbangi dengan upah/gaji /penghasilan yang layak untuk menghidupi diri dan keluarganya.

Guru merupakan jabatan profesi yang semestinya meiliki berbagai kompetensi yang harus terus dikembangkan searah dengan perkembangan zaman. Kompetensi merupakan seperangakat pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang ditampilkan melalui unjuk kerja yang harus dikuasai guru dalam rangka proses pendewasaan peserta didik.

Sesuai Kep Mendiknas No. 045 Tahun 2002 menyebutkan bahwa kompetensi sebagai seperangkat tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan pekerjaan tertentu. Dengan demikian kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan kompetensi meliputi guru pada semua satuan pendidikan. Termasuk kemampuan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),yang mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri. Pada Sekolah Kejuruan Menengah (SMK) terdng merupakan bagian integral dari sebuah keberhasilan Sekolah Menengah Kejuruan.

Untuk menunjang keberhasilan tersebut, guruu-guru normatif dan adaptif perlu memperdalam hal-hal yang bersifat substantif. Dengan demikian diharapkan dapat memenuhi standar sebagai guru yang ”qualified”. Sebagai  salah satu tolok ukur keberhasilan peserta didik dalam menempuh jenjang pendidikan adalah nilai kelulusan terutama pada mata pelajaran yang masuk ujian nasional. Matematika termasuk mata pelajaran yang diujikan secara nasional. Dengan standar nilai kelulusan yang senantiasa ditingkatkan dari tahun ke tahun, maka beban pencapaian batas nilai minimal kelulusanpun dirasa semakin berat.

Kondisi guru sebagai ujung tombak dalam proses kegiatan belajar mengajar masih banyak kelemahan, misalnya: mengajar tidak sesuai keahliannya, kurangnya menguasai materi pelajaran, kurangnya bervariasi metode pengajaran yang dilakukan, kurang kreatifnya guru dalam menggunakan media pengajaran, kurangnya kemampuan guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran, dan kurangnya kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa profesionalisme guru dituntut untuk senantiasa ditingkatkan.  Workshop Vokasi  Guru Matematika merupakan salah satu upaya untuk ngan tuntutan perubahan paradigma pembelajaran saat ini, yang bermua berpusat pada guru beralih menjadi pada siswa ( student centered ). Melalui Workshop Vokasi, diharapkan guru dapat memperdalam hal-hal substantif dan memperkaya wawasan, metode, serta media pembelajaran terkini. Dengan demikian diharapkan mereka daapat memenuhi standar sebagai guru yang bermutu di bidangnya, profesional dalam menjalnkan tugas, dan pada akhirnya diharapkan bermuara pada peningkatan mutu tamatan peserta didiknya.

Dalam rangka mendukung program tersebut Pemerintah provinsi Jawa Tengah melalui Kegiatan Seksi Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkepentingan untuk melakukan pembinaan dan berupaya meningkatkan kualitas kompetensi guru normatif dan adaptif melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi guru SMK.

Berdasarkan permasalahan diatas, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pendidikan dalam hal ini Bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan mengalokasikan anngaran untuk menyelenggarakan kegiatan Workshop Vokasi bagi guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Tengah.

B.           DASAR KEGIATAN

Dasar pelaksanaan kegiatan Workshop Vokasi Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 antara lain:

1.      UU No. 10 Tahun 1950 tentang Pembentukan Provinsi Jawa Tengah

2.      UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

3.      UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU No.12 Tahun 2008 tentang perubahan kedua atas UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

4.      UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

5.      PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

6.      PP No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara pemerntah Pusat, pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

7.      PP No. 39 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Uang Negara/Daerah

8.      PP No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah

9.      PP No. 74/2008 tentang Guru

10.  Kepres No 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah sebagaimana telah diubah terakhir dengan PP No. 95 Tahun 2007 tentang Perubahan ketujuh atas Kepres No. 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang Jasa/Pemerintah

11.  Perda Provinsi Jawa Tenagah No 4 Tahun 2008 tentang urusan Pemerintahan Yang Menjadi Kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah

12.  Perda Provinsi Jawa Tengah No 6 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan  Organisasi dan Tata Kerja(SOTK) Dinas Daerah Provinsi Jawa Tengah

13.  Perda Provinsi Jawa Tengah No 1 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah provinsi Jawa Tengah

14.  Perda Provinsi Jawa Tengah No 4 Tahun 2009 Tentang perencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2008-2013

15.  Per Mendagri No. 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

16.  Peraturan Gubernur Jawa Tengah No. 62 Tahun 2008 Tentang Penjabaran Tugas Pokok, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

17.  Peraturan Gubernur Jawa Tengah No. 157 Tahun 2010 Tentang Pedoman Penatausahaan Pelaksanaan APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2010

18.  Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 351 Tahun 2010 Tanggal 8 Desember 2010 Tentang Penunjukan Pejabat Pengguna Anggaran/Pengguna Barang, Pejabat yang berwenang mengesahkan SPJ, Pejabat Kuasa Pengguna Anggaran/Pengguna Barang, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan Pembantu, Bendahara Pengeluaran Pembantu, dan Bendahara Pengeluaran Pembantu Gaji pada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah TA 2011

19.  Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah TA 2010 No. 0052/DPA/2011 Tanggal 8 Desember 2010

20.  SK Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah No. 893.3/00416/2011, tanggal 13 Januari 2011 Tentang Penunjukan Narasumber, Tim Pengembangan Model, Penyusunan Instrumen Evaluasi Kegiatan dan Panitia Pelaksana Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Guru Matematika SMK Provinsi Jawa Tengah TA 2011.

C.           MAKSUD DAN TUJUAN

Kegiatan Workshop Vokasi Guru Matematika SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 bertujuan :

1.      Meningkatkan kualitas pemahaman substansi mata pelajaran matematika SMK sesuai dengan KTSP

2.      Meningkatkan kemampuan guru untuk berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran matematika SMK sehingga bisa memotivasi peserta didik dalam belajar

3.      Memberikan bekal guru dalam mempersiapkan peserta didiknya menghadapi UN

4.      Memberikan bekal guru dalam meningkatkan profesionalisme diri menyongsong program sertifikasi profesi.

D.          HASIL YANG DIHARAPKAN

Hasil yang diharapkan dari kegiatan Workshop Vokasi Guru Matematika SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 adalah :

1.      Meninkatkan kompetensi Guru Matematika Pada SMK

2.      Meningkatkan kemampuan pengembangan model-model pembelajaran, untuk menunjang pembelajaran Aktif, kreatif, Efektif dan Menyenangkan

3.      Meningkatkan keterampilan menyusun silabus, RPP, Media Pembelajaran

4.      Adanya rencana tindak lanjut pasca kegiatan

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

A. MATERI DAN STRUKTUR PROGRAM WORKSHOP VOKASI GURU MATEMATIKA SMK

No Materi Waktu Metode
Ceramah Diskusi Praktek
1. 

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

Pengarahan Program 

Kebijakan Pendidikan

Perencanaan Pembelajaran

Model Pembelajaran Berbasis IT

Persamaan dan Pertidaksamaan

Peluang Kejadian

Matriks

Penyusunan RPP

Penyusunan Model Pembelajaran dengan IT

1 jam 

2 jam

4 jam

4 jam

5 jam

5 jam

5 jam

5 jam

5 jam

1 jam 

2 jam

1 jam

1 jam

2 jam

2 jam

2 jam

 

3 jam

3 jam

3 jam

3 jam

3 jam

 

5 jam

5 jam

Jumlah 36 jam 11 jam 15 jam 10 jam

B. TEMPAT DAN WAKTU

Kegiatan Wokshop Vokasi Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 dilaksanakan pada :

Hari               :  Jum’at s.d. Minggu

Tanggal         :  18 s.d. 20 Februari 2011

Tempat          :  Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah

Jln. Kyai Mojo, Srondol – Semarang

C. PESERTA

Peserta kegiatan Wokshop Vokasi Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Dinas Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 adalah Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). Jumlah peserta 140 orang, dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah.

D. PANITIA

Panitia penyelenggara kegiatan Wokshop Vokasi Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Dinas Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 adalah dari unsur Dinas Pendidikan  Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini Bidang Pengembangan Pendidik dan  Tenaga Kependidikan (PPTK) dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah.

E. NARA SUMBER

Narasumber kegiatan Wokshop Vokasi Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Dinas Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011, terdiri dari unsur:

1.      Pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

2.      Akademisi LPTK di Jawa Tengah

3.      Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Tengah

4.      Kepala Sekolah SMA/SMK

5.      Instruktur Data/ Guru Inti

F. PEMBIAYAAN

Sumber dana pelaksanaan kegiatan Wokshop Vokasi Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Dinas Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Propinsi Jawa Tengah Tahun 2011, melalui Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) No. 0052/DPA/2011 tanggal 8 Desember 2010.

BAB III

HASIL DAN TINDAK LANJUT

A. HASIL

Adapun hasil kegiatan Workshop Vokasi Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 adalah:

1.      Meningkatnya kompetensi guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyusun Rencana Pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi, memilih media pembelajaran yang evektif untuk diterapkan sesuai kompetensi dasar materi yang diajarkan.

2.      Meningkatnya dari kompetensi substansi guru mata pelajaran Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

3.      Terfasilitasinya perolehan angka kredit guru sebagai salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat dan sertifikasi guru dalam jabatan.

B. TINDAK LANJUT

Tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan Workshop Vokasi Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2011 adalah mendesiminasikan hasil kegiatan di tingkat kabupaten maupun kepada teman sejawat masing-masing sekolah. Harapan kami Dikpora Kabupaten Kendal juga mengadakan kegiatan yang sejenis sehingga Guru memiliki kompetensi dalam mencapai tujuan pembelajaran.

BAB IV

PENUTUP

Demikian laporan pelaksanaan kegiatan ini kami buat untuk menjadikan periksa. Semoga pelaksanaan kegiatan dan penyusunan laporan kegiatan ini dapat berguna bagi teman-teman guru matematika SMK.

About these ads
By ardhioo7mathematic

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s