Siapa sih yang sampai saat ini tidak memiliki Handphone ? Kelihatannya hampir semua orang memilikinya. Handphone bukan lagi barang mahal lagi untuk saat ini. Bisa dibayangkan, beberapa tahun yang lalu kalau seseorang ingin memiliki handphone hanya dalam angan saja karena harganya yang selangit. Tetapi untuk waktu sekarang, banyak dijumpai seseorang yang memiliki handphone lebih dari satu buah.

Kehadiran handphone pada awalnya untuk memudahkan komunikasi antar individu yang berjauhan. Sebelum ada handphone, telah hadir alat komunikasi penyampai pesan yang kita kenal dengan ” pager “. kemudian dengan berkembangnya jaman, alat tersebut tergusur dengan munculnya alat komunikasi yang lebih canggih, yaitu ” Handphone “.

Saat ini hampir semua orang memiliki handphone, tidak terkecuali siswa sekolah. Banyak siswa yang memiliki handphone dengan berbagai macam merk dan fasilitas didalamnya, dari yang hanya bisa untuk telpon dan sms saja sampai yang yang mempunyai fasilitas yang waaaah………..

Kehadiran teknologi handphone yang semakin berkembang, tanpa disadari mempengaruhi perilaku siswa baik yang positif maupun yang negatif. jika kita amati dengan seksama, ternyata pengaruh negatif yang ditimbulkan handphone lebih banyak daripada pengaruh yang positif.

Pengaruh positif dari handphone yaitu memudahkan komunikasi antar individu, Jika handphone memiliki fasilitas internet, mungkin bisa berguna untuk mencari informasi penting yang kita perlukan. dibalik pengaruh positif tersebut, ternyata pengaruh negatif akan banyak sekali timbul jika siswa tersebut tidak bisa mengontrol diri atau tidak bisa menggunakan sebagaimana fungsinya. sebagai contoh : Banyak kita jumpai siswa membawa handphone ke  lingkungan sekolah. memang sih, kalau cuma dibawa saja tidak ada pengaruhnya, tetapi yang banyak dijumpai banyak siswa mempergunakan Handphone pada saat jam pelajaran, dimana yang seharusnya siswa tersebut belajar dan memperhatikan pelajaran, yang terjadi justru siswa asyik memainkan handphone dari yang sekedar main game, sms sampai dengan bertelpon ria tanpa perduli waktu.

Di rumahpun ternyata pengaruh handphone besar sekali, berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan beberapa siswa sekolah, waktu yang dipergunakan untuk belajar ternyata lebih sedikit dibanbing dengan waktu pegang handphone. bisa dikatakan belajar butuh waktu 5 menit, tetapi untuk pegang handphone bisa berjam – jam. Apalagi jika tidak ada pengawasan orangtua di rumah, banyak siswa yang tidak menunaikan tugasnya dirumah, yaitu belajar.

kalau hal ini terus terjadi, BAGAI MANA MASA DEPAN INDONESIA ????????