Guru merupakan elemen penting dalam keberhasilan pencapaian tujuan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.  Pada saat sekarang ini faktor guru masih dominan menjadi penentu keberhasilan KBM. Dengan adanya pelaksanaan KTSP sebenarnya beban guru dalam membelajarkan para siswa lebih ringan, akan tetapi kenyataan yang ada saat ini para siswa sangat tergantung sekali dengan guru.

Tugas Rumah yang seharusnya menjadi cara mengetahui daya serap sisa terhadap materi yang sudah diajarkan tidak efektif karena banyak para siswa yang mengerjakan tugas tersebut sebelum pelajaran dimulai. Keengganan para siswa untuk belajar terutama disebabkan faktor dari siswa itu sendiri.

Ironi memang…. pelajar yang kewajibannya belajar tidak mau melaksanakan kewajibannya tersebut. Para siswa lebih suka bermain atau nonton TV. Setiap kali ditanya ” Waktu belajar sama nonton TV lebih lama Mana? Para Siswa sermpak menjawab ” Nonton TV”. Hal ini seharusnya menjadi pemikiran semua Pemerhati Pendidikan, bagaimana cara membudayakan Belajar dikalangan siswa saat ini